Nama  : Idzni Dzikri Walidaini Maslan

Kelas   : XI IPA 4

Laporan Hasil Membaca Buku Pengayaan


Judul buku      : Makan Tepat, Tumbuh Sehat!

Pengarang       : dr. Arifianto, Sp.A dan dr. Pratami Diah Herliani

Penerbit           : KataDepan

 

Tujuan Penulis

            Penulis buku ingin memberikan informasi yang tepat dan hal yang bisa diterapkan sesuai dengan tumbuh kembang anak. Untuk itulah, bekal pemberian nutrisi anak yang tepat harus dikuasai seluruh orangtua. Tak sembarang mengaplikasikan teori, tetapi harus mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Manfaat Penulisan Buku

            Buku ini bermanfaat bagi para orangtua yang ingin memahami tentang nutrisi dalam perkembangan anak dan memberikan bekal ilmu kesehatan sehari-hari yang harus dimiliki semua orang yang terlibat dalam pengasuhan anak, khususnya orangtua. Ataupun bisa juga remaja yang ingin mengetahui nutrisi apa saja yang diperlukan dalam tubuhnya di usianya.

Ringkasan Isi Buku

            Pertumbuhan adalah suatu hal yang dinamis, jadi hal terpenting dalam menilai pola pertumbuhan BB/U adalah melihat keseluruhan pola yang ada dari waktu ke waktu (bulan ke bulan). Bukan sekedar menyimpulkan status gizi atau tumbuh/tidaknya anak berdasarkan satu kali pengukuran saja.

            Dimulai dari masa bayi yang tumbuh sehat dengan ASI dan genap berusia 6 bulan nutrisi bayi sebenarnya tidak cukup hanya dengan ASI dan/atau susu formula. Bayi harus mendapatkan sumber energi tambahan yang mengandung karbohidrat dan lemak, juga protein dan berbagai multivitamin dan mineral. Semua ini didapat pada proses Makanan Pendamping ASI (MPASI).

            Pada proses MPASI, bayi boleh menggunakan konsep "Isi Piringku" yang isinya terdapat makanan pokok, lauk pauk, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Dengan catatan memperhatikan syarat keamanan untuk bayi, misal makanan diberikan dengan teknik tertentu bisa dihaluskan atau dipotong kecil-kecil sesuai dengan usia bayi. Perhatikan porsi yang baik agar tidak terjadi overweight/obesitas, dalam konsep "Isi Piringku" sudah diatur porsi untuk MPASI, yaitu 1/3 dari setengah piring untuk buah-buahan dan lauk pauk, 2/3 dari setengah piring untuk makanan pokok dan sayuran.

            Dari masa MPASI sampai selanjutnya, orangtua harus extra memperhatikan tumbuh kembang anak. Dimulai dari makanan yang bisa diberikan kepada bayi sesuai umurnya dan perhatikan masalah-masalah yang ada seperti makanan yang disukai maupun yang kurang disukainya, perhatikan hal-hal yang mana seharusnya pada usia bayi sudah harus meninggalkan kebiasaannya dan hal mana yang baru untuk anak di usianya (pertumbuhan dan perkembangan di usianya), dan terakhir pantau gejala-gejala yang terjadi selama masa pertumbuhan dan perkembangan.

            Untuk mengatasi gejala-gejala yang dialami anak di masa pertumbuhan dan perkembangan, orangtua harus pintar mengidentifikasi apakah gejalanya dapat diatasi oleh orangtua atau mungkin harus dilarikan ke rumah sakit jika gejala ataupun rasa sakit tak kunjung henti.

Komentar